Daya Tarik Pantai Sari Ringgung
January 12, 2023
Pesona Dua Air Terjun Curug Jajar Pemalang
August 25, 2023

Daya Tarik yang Dimiliki Arung Jeram Tinukari

1. Sejarah Pembangunan

Dengan terdapatnya arus deras dan pemandangan alam di sekelilingnya, Arung Jeram Tinukari mempunyai potensi destinasi wisata yang mesti dikembangkan secara berkala.

Menyadari potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara secara formal mengambil keputusan Desa Tinukari sebagai destinasi wisata arung jeram.

Perlu diketahui bahwa desa wisata slot demo pragmatic play ini mempunyai luas 5.000 ha atau kurang lebih 21.610 km. Sementara itu, kawasan yang digunakan sebagai area wisata yakni seluas 3-4 ha. Dari 228 keluarga dengan total 1.197 orang, mayoritas masyarakat desa bekerja sebagai petani.

Ikbar, Sekretaris Desa Tinukari, pernah bercerita tentang asal-usul area wisata yang mengagumkan ini. Ceritanya berawal dari kedatangan seorang pengunjung dari Malang yang idamkan memeriksa keadaan sungai pas melakukan pendakian ke Pegunungan Mekongga.

Pengunjung tersebut menilai bahwa Sungai Tinukari terlalu potensial untuk dijadikan wilayah rafting. Beranjak dari sana, sebuah lembaga mengajukan proposal kepada Pemerintah Desa Tinukari untuk mengembangkan area tersebut sebagai destinasi wisata rafting.

Pemerintah desa menolong ide ini dan mengalokasikan dana desa untuk pembelian peralatan rafting. Namun, pengelolaan Arung Jeram Tinukari Kolaka Utara tersebut tetap kurang maksimal.

2. Target Para Peneliti

Berada di basic kaki pegunungan tertinggi di Sulawesi Tenggara yakni Gunung Mekongga, kawasan wisata ini diliputi dengan nuansa alam yang eksotis. Gunungnya ialah salah satu obyek utama para peneliti alam baik dalam negeri maupun luar negeri seperti LIPI.

LIPI melakukan penelitian di Pegunungan Mekongga tiap tiap tahunnya baik dari tumbuhan hingga hewannya yang duduki wilayah pegunungan. Perlu diketahui bahwa pegunungan ini mempunyai ketinggian 2620 Mdpl.

3. Flying Fox

Selain wahana olahraga arung jeram, Wisata Arung Jeram Tinukari juga menawarkan sensasi keseran flying fox yang tidak kalah menantang. Atraksi ini menawarkan ketinggian sebesar 30 mtr. dan lintasan sepanjang 185 meter.

Wahana ini melintas di atas sungai dan pepohonan tinggi yang menambah efek keseruan tersendiri.

4. Wisata Rafting

Bisa diambil kesimpulan bahwa wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri. Menariknya, ada tiga titik point start yakni titik point family, titik font mgreet medium dan titik point high.

Titik point family mempunyai jarak tempuh sekitar 45 menit yang sesuai digunakan bagi pemula. Sementara itu, titik point greet medium mempunyai jarak tempuh yang juga dinilai tetap safe dengan pas tempuh sekitar 2 jam.

Titik point high level ini mempunyai arus yang terlalu ekstrem dan jarak tempuhnya yang memadai jauh. Bisa dibilang bahwa titik start ini terlalu menantang dan memacu adrenalin. Pastinya, dapat ada skyper profesional yang siap membantu.

Selain itu, sungai Arung Jeram Tinukari juga mempunyai air yang jernih sehingga dapat mulai fresh dan safe bagi badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

link slot thailand